SUBMODALITY

Belajar NLP itu artinya kita sedang belajar bagaimana manusia berfikir. Kita sudah pernah membahas tentang MODALITAS yaitu 5 pintu masuknya informasi kedalam pikiran manusia, biasa disebut juga dengan panca indra.

Kita juga sudah membahas tentang REALITAS, bahwa ketika manusia merespon sesuatu ternyata mereka bukanlah memberi respon atas realitas eksternal namun ternyata manusia bereaksi terhadap realitas dalam pikiran nya sendiri. Kita sudah pernah kenalkan istilah REALITAS INTERNAL.

Kali ini kita masuk lebih dalam lagi ya, sambil pelan pelan kita semakin faham pentingnya belajar NLP. Kita sekarang tahu bahwa MODALITAS adalah modal manusia dalam berpikir, orang sering juga menyebutnya dengan VAKOG.

MODALITAS menyerap informasi, kemudian informasi masuk ke dalam pikiran berubah menjadi memori, nah unsur unsur memori inilah yang kita sebut dengan SUBMODALITY.

Contoh : Sambil terus membaca tulisan ini, coba ingat IBU Anda. Bisa?

Saya Anda mulai mengingat Ibu anda,

Apakah terbayang seperti apa wajah ibu? (Visual)

Apakah hadir dengan jelas wajah ibu? (Visual)

Baju warna apa yang dikenakan ibu dalam ingatan Anda? (Visual)

Jarak ibu jauh atau dekat dengan Anda?(Visual)

Apakah Anda bisa mengingat suara ibu? (Audio)

Nada suara ibu tinggi atau rendah ? (Audio)

Suara ibu anda datang dari dalam atau luar diri Anda? (Audio)

Suara ibu Anda terdengar jelas atau samar samar ? ( Audio)

Apakah Anda bisa menginat seperti apa sentuhan ibu dahulu saat membelai Anda? (Kinestetik)

Ingatkah Anda telapak tangan ibu kasar atau halus? (kinestetik)

Apakah Anda ingat seperti apa aroma tubuh ibu saat anda memeluknya ? ( Oldfactory)

Apakah anda ingat rasa masakan terenak ibu (Gustatory)

Jika Anda bisa menjawab pertanyaan diatas, itu artinya anda benar benar punya memori tentang ibu Anda. Yang di dalam kurung itu artinya jawaban Anda adalah memori yang berhubungan dengan MODALITAS tersebut.

Berikut adalah sebagian contoh SUBMODALITY dari kelima MODALITAS yang ada :

Visual ( pengelihatan ) : warna, bentuk, jarak , terang, jelas, redup, besar , kecil, tinggi , pendek, tempat dll

Audio ( Pendengaran) : nada, intonasi, jelas, volume, dll

Kinestetik ( Perasaan) : Tekatur, kasar, lembut, halus, hangat, dingin , perih, sedih, dll

Oldfactory ( Penciuman) : bau, harum, aroma,

Gustatory ( Pencecapan) : Asam, manis, asin, pahit, getir dll

Nanti kalau belajar lebih jauh tentang NLP dan cara manusia berfikir, kita akan mengenal istilah CONTENT dan STRUCTURE. sebagai contoh saat anda mengingat IBU, maka IBU adalah CONTENT dalam pikiran anda, sementara SUBMODALITY nya adalah STRUCTURE. Setiap STRUCTURE memiliki kode tersendiri bahkan bisa di edite, maka saat anda di kelas NLP salah satu yang asyik dipelajari adalah teknik EDITE SUBMODALITY.

SUBMODALITY kita bisa di edite dengan mudah oleh diri kita sendiri. Sebagaimana tulisan tulisan sebelumnya NLP mengajarkan kita untuk menjadi tuan atas pikiran kita, sebagaimana saat anda menonton TV jika anda yang memegang remote nya tentu anda bisa dengan mudah mengganti ganti tontonan sesuai selera Anda, jika anda tak suka satu tayangan anda tinggal pencet tombol di remote Anda untuk merubah tayangan yang tidak anda suka kemudian di gantikan dengan yang anda suka.

Begitu juga dalam kehidupan sehari hari, jika Anda tak suka pada seseorang. Tahukah Anda bahwa yang sedang anda tidak sukai itu bukanlah CONTENT nya, namun STRUCTURE yang sudah anda bentuk sendiri dalam pikiran Anda.

Nah disinilah salah satu teknik yang bisa kita gunakan dari NLP yaitu EDITE SUBMODALITY, jadi anda bebas untuk mengotak atik sosok seseorang yang tidak anda sukai, edite lah semua memori dalam pikiran anda sendiri yang berhubungan dengan orang yang anda tak
sukai tadi.

Misal jika ada orang yang anda tidak sukai, silahkan lakukan apapun pada orang tersebut namun cukup didalam pikiran Anda sendiri,lakukan terus sampai anda merasa lebih nyaman. Akses semua memori tentang nya dalam pikiran Anda , kemudian edite sedemikan rupa yang perlu anda edite hingga Anda merasa damai dan lapang.

Kalau hidungnya mancung coba edite dengan mengganti hidungnya dengan hidung badut yang berwarna merah, atau badanya yang tinggi silahkan edite mau lebih tinggi lagi atau mau dibuat benar benar pendek. Edite juga bokongnya buat berubah seperti badut. Pakaian nya ganti dengan motif polkadot warna warni. Atau rubah jaraknya dengan Anda buat lebih jauh atau mungkin anda ingin lebih membuat lebih dekat, perbaiki Lakukan terus sampai anda juga merasakan lebih lapang dan tenang serta bahagia.

Masih panjang dan menarik bahasan SUBMODALITY ini, kalau ada kelapangan silahkan anda bisa alami langsung bagaimana serunya praktek memainkan SUBMODALITY dikelas terdekat yang diselenggarakan di Samarinda pada 17-21 Juli 2019, atau di Surabaya tanggal 31 juli sampai 4 agustus 2019.

Semoga manfaat yaa..

Share Now !

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Replay

LEADERSHIP IS INFLUENCE

INCREASE YOUR IMPACT AND INFLUENCE WITH
BANG LUBIS

SPEAK TO A PROGRAM COORDINATOR TODAY