RAPPORT

Sebagaimana biasanya merangkai dari tulisan sebelumnya, kita masih membahas tentang 4 pillar dalam NLP. pada tulisan sebemnya kita sudah membahas seperti apa kita perlu berfikir dan bergerak diawali dengan OUTCOMES yang jelas, Semakin jelas apa yang betul betul kita inginkan terjadi saat ini maka semakin mudah , efektif dan efisien kita dalam menjalali hari hari kita.

Dalam mencapai OUTCOMES kita perlu memperhatikan pilar NLP berikutnya yaitu RAPPORT, Karena tanpa RAPPORT sehebat dan sejelas apapun OUTCOMES kita, menjadi tak mudah melewati prosesnya.

Dari sekian banyak tokoh tokoh NLP yang membuat definisi tentang RAPPORT, saya lebih suka memaknai RAPPORT sebagai sebuah proses membangun keterhubungan yang harmoni. karena hanya dengan hubungan yang harmoni segala sesuatu bisa menhadirkan kenyamanan, ketenangan dan kebahagiaan.

Mengapa istilahnya “membangun” RAPPORT ? karena kita sedang melakukan proses yang tak pernah berhenti, keterhubungan yang harmoni bukan hanya perlu dijaga ketika kita ingin merasa tenang dalam mencapai OUTCOMES kita, namun ia perlu terus dibangun, semakin harmoni sebuah keterhubungan semakin nyaman dalam berproses.

Kepada siapa kita perlu terus membangun keterhubungan yang harmoni agar mudah bagi kita mencapai OUTCOMES kita?

Yang paling utama membangun RAPPORT perlu dimulai dari diri sendiri, kita perlu memastikan keterhubungan antara pikiran, perasaan dan tubuh kita terus menjadi harmoni. karena dalam komunikasi, salah satu yang paling penting diperhatikan adalah komunikasi kita dengan diri sendiri. ketika kita harmoni dengan diri kita barulah kita bisa merangkai dan membangun harmoni berikutnya, sebuah keterhubungan yang menghadirkan ketenangan membangun hubungan harmoni berikutnya adalah dengan Allah.

Kita perlu terus membangun keterhubungan kita dengan Allah, karena jika kita ingin mendapatkan ketenangan dalam jiwa kita. tak bisa kita meninggalkan keterhubungan kita dengan Allah. pastikan apapun OUTCOMES kita, apapun yang kita inginkan, benar benar kita yakin dan pastikan ada hubungannya dengan keridhoan dari Allah. ketika kita bergerak dan mengerjakan sesuatu dalam kondisi yang betul betul sadar bahwa kita sedang mengharapkan keridhoan dari Allah, meski kita tak bisa melihat Allah, namun kita yakin bahwa Allah yang Mahamelihat, Mahamendengar dan Mahamengetahui, benar benar senantiasa membersamai kita, bukan hanya mengawasi kita, namun Allah hadir dalam ketenangan jiwa kita, Allah berikan kita petunjuk yang terbaik, Allah bimbing kita untuk bergerak ke arah yang lebih baik. dan seterusnya, jika Allah sudah ridho kepada kita, In sya Allah semua menjadi mudah dan berkah.

Membangun RAPPORT berikutnya setelah kepada diri sendiri dan Allah, adalah kepada lingkungan kita, artinya kita perlu membangun keterhubungan dan harmoni dengan siapapun diluar diri kita, biasa sebagian orang menyebutnya dengan semesta. dalam hal ini kita perlu membangun kedekatan, kepercayaan, kenyamanan bersama orang lain. karena kita kita memiliki tujuan tertentu kita perlu sadar bahwa kita tidak akan pernah bisa sendiri, kita perlu orang lain, kita tak pernah bisa mencapai OUTCOMES kita sendiri, karena kita memang hidup bersama orang lain. berkolaborasi dengan semakin banyak orang, harmoni dengan semakin banyak element , semakin memudahkan kita untuk berpeluang mewujudkan apapun yang kita inginkan. maka dengan siapapun kita bertemu, dimanapun kita berada. perlu ada kesadaran pada diri kita, bahwa sebelum segala sesuatunya kita perlu mengawalinya dengan membangun keterhungan yang harmoni dengan mereka.

Jika Anda mengikuti kelas NLP practitioners, maka Anda bisa belajar dan mengalami langsung secara teknis banyak diajarkan tips dan cara cara yang menarik untuk membangun RAPPORT ini. diantaranya ada yang kita kenal dengan INSTANT RAPPORT bagaimana kita bisa membangun harmoni dengan orang lain dengan beberapa teknik yang sangat mudah dilakukan. salah satunya yang paling banyak dikenal adalah MIRRORING (meneliti dan mencocokkan prilaku orang lain, kemudian menciptakan mirror image) dan MATCHING (proses mengamati seseorang kemudian melakukan seperti apa yang mereka lakukan) , nanti adalah lagi istilah PACING (proses penyelarasan) dan LEADING (Mengispirasi, mengajak seseorang kepada sudut panda yang lain) bahkan masih banyak teknik teknik INSTANT RAPPORT lainnya.

Jika diantara Anda ada yang berminat belajar NLP lebih dalam saya merekomendasikan Anda untuk hadir dan mengikuti kelas NLP Practitioners selama 5 hari FULL bersama coach Gunawan Abu Nazhifah di Samarinda pada tanggal 17-21 Juli 2019 silahkan bisa menghubungi M Irsyad Furqonidan bagi Anda yang ada dipulau jawa bisa mengikuti kelas di Surabaya pada tanggal 31 Juli 2019 hingga 4 Agustus 2019, saya juga in sya Allah hadir di kelas tersebut. kita bisa sama sama belajar dan mengalami langsung seperti apa kita membangun RAPPORT.

Salah satu yang kita pelajari dalam INSTANT RAPPORT adalah bagaimana kita mengoptimalkan sisi voice, verbal dan visual dalam membangun keterhubungan yang harmoni dengan orang lain. Saat Anda berada dikelas , Anda diajarkan langsung tentang pentingnya memahami :

Rate Of Speech : Kecepatan bicara 
Backtrack Verbally : Umpan balik dengan kata kata 
Eye Contact : Kontak mata 
Head Nod : Anggukan kepala 
Posture : Postur tubuh 
Gesture : Gerakan tubuh / tangan 
Leg Position : Posisi kaki

Yang perlu saya garis bawahi disini bahwa BUILDING RAPPORT bukanlah tentang MATCHING dan MIRRORING saja, adalah sesuatu yang kurang tetap jika kita memaknai buiding RAPPORT adalah seolah menjadi sebuah proses memanipulasi orang lain. sama sekali tidak demikian prinsip RAPPORT , maka sebagaimana diawal saya sampaikan BUILDING RAPPORT Itu pada prinsipnya adalah membangun keterhubungan yang harmoni.

Teruslah membangun harmoni dalam diri sendiri, disaat yang sama bangunlah harmoni kepada Allah dan orang lain bahkan lingkungan kapanpun dan dimanapun kita berada, agar dalam proses kita melanjutkan journey kita menjadi semakin tenang , damai dan bahagia.

By : Bang Lubis

Share Now !

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Replay

LEADERSHIP IS INFLUENCE

INCREASE YOUR IMPACT AND INFLUENCE WITH
BANG LUBIS

SPEAK TO A PROGRAM COORDINATOR TODAY